Pengaruh Banjir Terhadap Epoxy Lantai Sehingga Rawan Kerusakan

Apakah anda termasuk pemilik hunian yang menggunakan epoxy? Epoxy lantai adalah proses penggunaan pelapis lantai yang bertujuan untuk membuat permukaan terlihat mengkilat dan juga lebih keras. Selain itu epoxy juga memiliki kelebihan lain seperti pengaplikasiannya yang mudah, anti slip, anti debu, tahan terhadap kimia dan gesekan, mudah dalam perawatan, tahan panas, dan lain lain.

Meski begitu, bukan berati epoxy lantai tahan terhadap kerusakan. Kerusakan epoxy lantai memang seringkali dialami oleh sebagian orang. Namun tak jarang, mereka sama sekali tidak mengetahui apa saja penyebab kerusakan tersebut. Padahal pada kerusakan yang parah, epoxy harus diperbaiki untuk mengembalikan struktur dan kekuatannya.

lantai retak

Untuk perbaikan, tentu anda harus menyisihkan anggaran untuk melakukan pelapisan ulang. Apalagi jika kerusakan lantai cenderung parah. Nah, salah satu penyebab kerusakan epoxy floor sehingga diperlukan perbaikan adalah pengaruh kondisi area yang basah. Karena area yang lembab dan terus-menerus basah, bisa membuat permukaan cat epoxy pada lantai menjadi rusak.

Pengaruh Banjir Terhadap Epoxy Lantai

Penyebab rusaknya epoxy floor, memang jarang diketahui masyarakat. Sehingga tak jarang penggunanya kesulitan untuk melakukan pencegahan, meski sudah dilakukan renovasi. Salah satu alasan yang menjadi penyebab kerusakan epoxy floor, adalah terus menerus terkena air. Misalnya saja epoxy lantai di area bangunan yang rawan terkena banjir. Tentu saja, epoxy lantai akan sering terendam banjir saat musim musim penghujan.

Pengaruh banjir ini, ternyata juga bisa membuat cat epoxy lantai rawan terjadi keretakan. Tak hanya bagian cat, namun keretakan ini bisa saja menyebar hingga ke bagian lapisan dalam lantai. Tentu saja, kondisi ini menyebabkan tampilan lantai menjadi kurang rapi dan terlihat tidak terawat.

Pada permukaan epoxy yang terus menerus basah karena banjir, cat epoxy akan mudah mengelupas dan membuat epoxy mudah rusak. Meskipun sudah dilakukan pengecatan, namun hal ini tidak membuat epoxy aman dari beban akibat tekanan banjir. Karena kondisi yang basah, akan lebih dulu merusak material beton pada lantai. Sehingga makin lama, tentu epoxy di bagian atasnya juga rusak akibat pengaruh kerusakan beton.

Bahkan, kondisi basah karena banjir juga mempengaruhi proses pengerjaannya. Misalnya saja pada saat pengecatan epoxy, cat cenderung lebih sulit untuk menempel dengan merata. Hal ini karena kondisi basah yang membuat area pengecatan epoxy menjadi lebih licin.

Kondisi basah akibat banjir ini, memang sangat mempengaruhi kualitas dan ketahanan epoxy. Karena material dari epoxy, memang tidak bisa mengatasi  kondisi lembab di areanya. Apalagi, material ini juga tidak mempunyai lapisan pori pori yang biasa digunakan sebagai sirkulasi. Hal ini menyebabkan suhu lembab terperangkap pada bagian bawah epoxy yang membuatnya menguap dan akhirnya retak.

Nah, apabila epoxy lantai memang sudah terlalu parah dan sulit untuk diperbaiki, lebih baik gantilah dengan epoxy yang baru. Anda juga tidak perlu khawatir dengan biayanya. Karena harga epoxy sangatlah terjangkau dan tidak terlalu mahal. Terlebih lagi, banyak produsen yang memberikan penawaran epoxy yang ramah di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *