Desain Pembuatan Garasi Luar yang Aman

Garasi atau kandang mobil menjadi penting keberadaannya sebagai wujud perawatan pemilik terhadap mobil yang menjadi tanggung jawabnya. Tanpa garasi pun, seseorang tetap dapat memiliki mobil pribadi, tetapi menjadi masalah saat akan menyimpan mobil tersebut saat tidak digunakan. Alhasl, banyak yang memarkir mobilnya di pinggir jalan yang dirasa menganggu pengguna jalan lain. Tindakan tidak bertanggung jawab ini akan berbuntut masalah serius saat pengguna jalan merusak mobil tersebut akibat kejengkelannya.

Desain Pembuatan Garasi

Di banyak negara maju, keberadaan garasi menjadi salah satu syarat kepemilikan mobil. Tanpa garasi di samping rumahnya, seseorang tidak akan pernah memiliki mobil pribadi, betapapun ia sanggup membelinya. Menjadi jelas, bahwa garasi sangat penting bagi para pemilik kendaraan roda empat untuk menjaga asetnya sekaligus tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Jenis dan Desain Pembuatan Garasi Luar

Banyak garasi yang dibangun menyatu dengan hunian utama dengan pintu khusus, sehingga isi garasi tersebut tidak dapat dilihat pihak lain. Garasi semacam ini membutuhkan biaya yang tinggi dan lahan luas daripada garasi luar yang terbuka di luar. Meski demikian, garasi jenis ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sedangkan pada garasi luar yang terbuka lebih efisien dalam pembuatan dan tidak membutuhkan lahan luas. Terkadang garasi semacam ini menyatu dengan taman kecil di depan rumah. Garasi serupa ini umum dibangun pada perumahan berlahan sempit seperti perumahan minimalis maupun cluster. Pihak pemilik kendaraan cukup membangun kanopi kaca, atau kanopi fiberglass untuk melindungi asetnya dari cuaca panas dan hujan.

Meski tampak sepele, keberadaan garasi dalam pembangunan membutuhkan syarat agar terkesan menyatu dengan lingkungan dan tidak mengganggu aktivitas penghuni lainnya. Terkadang keberadaan garasi luar yang tampak sederhana, justru mengganggu estetika hunian tersebut mengingat pada umumnya kompleks hunian mereka rerata tidak memiliki garasi luar. Bisa juga garasi luar yang dibangun pemilik dilengkapi pagar yang menjulang tinggi akibat kondisi lingkungan yang tidak kondusif. Tetapi jika pemilik kendaraan berencana membangun garasi, desain seperti apa yang cocok bagi rumah dan lingkungannya? Berikut deskripsinya.

1. Garasi tanpa Kanopi

Garasi tanpa Kanopi

Garasi semacam ini tidak memiliki dinding dan atap sebagai pelindungnya. Garasi semacam ini layaknya tempat parikir yang terbentang di lapangan terbuka. Pemilik kendaraan tentu memiliki pertimbangan dalam membuat garasi tanpa kanopi ini, seperti pertimbangan lahan yang sempit atau lokasi rumah yang tidak memungkinkan dalam pembuatan kanopi. Biasanya garasi seperi ini banyak ditemui pada hunian cluster, perumahan minimalis atau kompleks perumahan yang mensyaratkan larangan pembangunan kanopi. Pemilik garasi biasanya dijamin keamanannya oleh sistem keamanan pada kompleks hunian itu.

2. Garasi dengan Kanopi

Garasi dengan Kanopi

Garasi dengan kanopi bisa jadi merupakan jenis garasi luar yang paling banyak dibangun para pemilik kendaraan. Kanopi pada garasi ini bisa dibangun dalam bentuk lengkung dan datar dengan bahan fiberglass atau kanopi kaca. Bentuk garasi ini menjaga kendaraan tetap safety tanpa memisahkan hunian dengan lingkungan. Sehingga keberadaan garasi tetap cantik dan aman terlindung dari cuaca panas dan hujan.

3. Garasi Teras

Garasi Teras

Garasi teras merupakan garasi yang berada di teras dengan memotong sedikit sisi bangunan. Di sebut garasi teras karena poisinya yang menyatu dengan teras tanpa kanopi di atasnya, karena atap garasi ini mengambil atap teras rumah. Bentuk garasi seperti ini sebenarnya lebih indah dan tidak mengganggu aktivitas penghuni lainnya, meski membutuhkan lahan yang lebih luas.  Tetapi, seringkali pemilik garasi memaksakan pembangunan ruang baru di sisi garasi sehingga membuat garasi menjadi terjepit dan terkesan sumpek dan sempit. Garasi teras biasanya membutuhkan pagar rumah untuk melindungi  garasi dan rumah tersebut.

4. Garasi Terpisah

Garasi Terpisah

Garasi semacam ini membutuhkan lahan yang sangat luas di mana keberdaan rumah utama tidak boleh diusik oleh banguan lain, seperti garasi. Garasi ini membutuhkan bangunan khusus untuk kandang mobil yang biasanya berukuran luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *