6 Bahan yang Sering Digunakan untuk Pintu Kantor

Pintu adalah salah satu bagian dari bangunan yang punya fungsi penting sebagai akses keluar masuk ruangan. Selain itu pintu juga berfungsi sebagai akses yang menghubungkan area dalam dan luar suatu bangunan loh. Keberadaan pintu ini tentunya bisa kita temukan di seluruh bangunan, termasuk kantor.

Sebagai tempat yang ramai dengan para staf pekerja, tentu pintu kantor haruslah didesain dengan menarik. Contohnya dengan menggunakan kaca tempered di beberapa pintunya. Apalagi jika kantor anda sering menerima tamu, karena harus berhadapan secara langsung dengan klien. Tentu saja, desain pintu utama kantor sangatlah penting.

6 Bahan yang Sering Digunakan untuk Pintu Kantor

Berbagai pilihan bahan pintu kantor pun, kini bisa anda pilih sesuai konsep dan kebutuhannya. Bahkan ada banyak toko yang juga menyediakan beragam jenis pintu dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah harga kaca tempered, yang nggak akan bikin anggaran kantor anda membengkak.

Bahan Bahan yang Sering Digunakan untuk Pintu Kantor

Beberapa bahan yang sering digunakan sebagai pembuat pintu adalah sebagai berikut.

1. Aluminium

Aluminium

Bahan yang masuk dalam kategori jenis besi ini, memiliki bobot yang cukup ringan dengan harga yang cukup murah. Pintu aluminium pada kantor ini, sering diaplikasikan juga dengan bahan kaca. Nah, penggunaannya pun sering ditempatkan di area dalam maupun luar ruangan kantor.

2. Pintu baja

Material baja ini ternyata juga sering loh dijadikan bahan pintu untuk kantor. Biasanya, pintu baja ini digunakan pada kantor dengan desain klasik, modern, ataupun kontemporer. Dari tampilannya saja, bisa dilihat bahwa pintu baja ini sangatlah kuat dan kokoh.

Apalagi finishingnya pun bervariasi, sehingga ngga kalah dengan jenis pintu lainnya. Penempatan pintu ini seringkali digunakan untuk area basement kantor, pintu darurat, dan lain lain.

3. Pintu kayu

Pintu kayu

Bahan kayu sebagai pembuat pintu, tentu sudah tidak asing lagi dijumpai sebagai pintu kantor. Lantaran material yang digunakan sangatlah mudah untuk didapatkan. Desain pintu kayu untuk kantor, biasanya didesain cukup simple namun terkesan elegan. Nah, untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik, biasanya dilakukan finishing sebelum diaplikasikan sebagai pintu kantor.

4. Material kaca

Material kaca memang begitu sering diaplikasikan sebagai bahan pembuat pintu. Untuk digunakan sebagai pintu kantor yang transparan, biasanya dipilih kaca berjenis tempered atau tempered glass. Namun harga kaca tempered ini cenderung lebih mahal, karena bahannya yang terbuat dari kaca tebal dan begitu kuat.

Menggunakan jenis pintu ini, akan membuat tampilan kantor tampak bersih dan mewah, namun mengurangi privasi para staf. Jika tetap ingin memiliki privasi, pemilihan kaca sandblast bisa jadi solusi pintu kaca. Jenis kaca ini akan menghasilkan tampilan buram, sehingga tidak tembus pandang jika digunakan.

5. Fiberglass

Material fiberglass ini juga seringkali dimanfaatkan menjadi bahan pintu, karena memiliki fleksibilitas tinggi. Untuk mendapatkan tampilan yang lebih artistik pada kantor, biasanya material fiberglass ini dipadukan dengan panel kayu.

6. Particle board atau blockboard

Material particle board atau blockboard ini ternyata juga sering dipakai sebagai bahan pintu untuk kantor. Particle board ini, biasanya dijadikan jenis pintu panel dengan berbagai variasi. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan kantor, termasuk ukuran dan desainnya. Hal ini karena sifat dari material yang cukup fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk.

Bahan bahan pintu kantor di atas, tentu sudah sering anda jumpai penggunaannya. Masing masing bahan, pastinya memiliki keunggulan tersendiri yang perlu anda pertimbangkan. Contohnya seperti kaca tempered, kayu, aluminium, dan berbagai bahan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *